‘Let Him Cook’ Viral di Debat Capres 2024, Ini Arti dan Konteksnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Istilah ‘Let Him Cook’ kembali mencuat pada gelaran debat Pilpres ketiga Minggu malam tadi (8/1/2024). Kali ini untuk mengapresiasi serangan yang dibuat salah satu calon presiden Anies Baswedan pada pesaingnya.

Secara harfiah, ‘Let Him Cook’ berarti membiarkan seseorang memasak. Namun untuk konteks slang, Dictionary mengartikannya sebagai mempersilahkan seseorang melakukan sesuatu sesuai keahliannya.

Istilah itu pertama kali terdengar saat debat calon wakil presiden (cawapres) bulan lalu. Warganet mengomentari salah satu calon, Gibran Rakabuming yang kerap melontarkan pertanyaan sulit dan menyiapkan jawaban tajam.

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi dalam laporannya menjelaskan ‘Let Him Cook’ Anies jadi salah satu top isu positif. Selain itu ada juga terkait pemaparan banyak data dari mantan Gubernur DKI Jakarta.

Banyak warganet yang juga mengunggah frasa itu sepanjang debat malam kemarin. Banyak yang memuji Anies saat dia menyerang para pesaingnya.

Ada pula yang mengatakan Anies memiliki kemampuan berdialog, jadi tidak akan sulit saat menjadi Presiden nanti. Sejumlah netizen juga menyematkan sebutan ‘El Chef’ pada Anies.

Sementara itu dalam laporan yang sama juga disebut top isu negatif Anies. Mulai dari dianggap terlalu sering menyerang personal, terlalu banyak berbicara dan kurang menyampaikan gagasan serta program.

Top Isu Prabowo dan Ganjar

Ismail juga memaparkan top isu dua kandidat lainnya. Untuk Prabowo, salah satunya mengenai bisa memberikan serangan soal standar etika pada Anies.

Selain itu terkait diksi baru ‘omon-omon’. Tanggapannya juga dinilai jenaka.

Untuk top isu negatif, Prabowo dikritik karena mudah terpancing. Ada juga terkait sering menyetujui pendapat Ganjar.

Pendapatnya soal konflik Gaza juga mendapatkan kritik. Ajakan diskusi terbuka dan disebut tidak bisa membuka data di forum debat juga jadi salah isu dari Prabowo.

Sementara untuk Ganjar, apresiasi diberikan karena performa debatnya dinilai bagus. Selain pernyataan yang disetujui Prabowo, juga ada penilaian sikap Ganjar yang mendinginkan suasana.

Namun Ganjar dinilai mencari aman saat awal debat. Sikap kompak dengan Anies untuk menyikat Prabowo jadi salah satu top isu negatif milik capres tersebut. https://blejermot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*